SuperO2 News

6 Penyebab Sering Haus yang Wajib Disadari, Tanda Penyakit?

by | Sep 19, 2023

Home 9 Berita 9 6 Penyebab Sering Haus yang Wajib Disadari, Tanda Penyakit?
Photo by SuperO2 on Instagram

Haus merupakan rasa yang wajar dialami setiap orang saat merasa kekurangan cairan dalam tubuhnya. Sebab haus merupakan cara tubuh untuk menyeimbangkan kadar cairan tubuh yang berfungsi untuk menjalankan fungsi-fungsi tertentu.

Lalu bagaimana kalau rasa haus datang terus-menerus? Apakah bisa jadi mengindikasikan adanya penyakit dalam tubuh? Berikut pembahasan tentang beberapa penyebab sering haus yang wajib disadari. Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Efek obat-obatan

Penyebab rasa haus terus-menerus yang pertama adalah efek samping obat-obatan tertentu. Ada beberapa jenis obat-obatan yang terkadang memiliki efek samping, seperti mulut kering dan rasa haus berlebih. Beberapa jenis obat yang menyebabkan sering haus di antaranya adalah antidepresan, antipsikotik, antikolinergik, diuretik, dan antikonvulsan.

2. Makan makanan tertentu

Konsumsi makanan tertentu juga bisa menjadi penyebab sering haus yang perlu diketahui. Contohnya makanan pedas yang bisa mengakibatkan tubuh ingin terus menyegarkannya lewat minum dalam jumlah banyak. Selain itu, makanan asin juga menyebabkan rasa haus terus-menerus karena kandungan natrium yang bisa menarik dan menahan air dalam tubuh.

Sama seperti makanan dengan MSG tinggi yang bisa menyebabkan rasa haus karena kandungan natrium tinggi.

3. Diabetes

Bagi kamu yang sangat sering haus, perlu berhati-hati. Sebab salah satu penyebab rasa haus terus-menerus lainnya adalah diabetes. Mulai dari diabetes melitus, ketoasidosis diabetik, dan diabetes insipidus.

Diabetes melitus adalah kondisi gangguan ketika kadar gula darah melewati batas normal karena hormon insulin tidak bekerja secara optimal. Kadar gula darah yang tinggi mengakibatkan ginjal akan memproduksi urine lebih banyak. Tujuannya agar tubuh mengelaurkan glukosa dari tubuh. Akhirnya, tubuh membutuhkan asupan cairan yang lebih banyak lagi.

Sedangkan ketoasidosis diabetik adalah kondisi diabetes melitus yang sudah komplikasi karena hormon insulin yang berkurang, sehingga glukosa dalam darah tidak bisa lagi digunakan dan sulit dikontrol.

Akibatnya, tubuh memecah lemak sebagai sumber energi pengganti glukosa dan zat keton akan menumpuk. Ada beberapa gejala ketoasidosis diabetik yang perlu diwaspadai, di antaranya:

  • Gampang lelah
  • Sering buang air kecil
  • Mual dan muntah
  • Mata berkunang-kunang
  • Kesadaran menurun

Lalu diabetes insipidus merupakan kondisi yang terjadi karena fungsi vasopresin atau hormon antidiuretik yang terganggu untuk mengatur kadar cairan dalam tubuh. Berbeda dengan diabetes melitus, kondisi diabetes insipidus lebih berkaitan dengan cairan dalam tubuh yang tidak seimbang. Gejalanya bisa berupa selalu haus dan buang air kecil dalam jumlah serta frekuensi yang banyak.

4. Gangguan tiroid

Pada dasarnya, tubuh memproduksi hormon tiroid melalui kelenjar tiroid untuk mengatur energi, suhu tubuh, hingga nafsu makan seseorang. Namun jika terjadi gangguan tiroid, maka bisa berakibat pada beberapa gejala seperti cemas berlebih, rasa panas, hingga mulut kering. Gejala tersebutlah yang menyebabkan rasa haus terus-menerus.

5. Stres

Percaya atau tidak, stres berlebih yang dialami seseorang juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab sering haus. Sebab stres dapat menyebabkan kelenjar adrenalin tidak berfungsi optimal. Bahkan selain haus berlebih, kondisi stres juga bisa menyebabkan tekanan darah rendah, cemas, hingga depresi.

6. Dehidrasi

Penyebab sering haus yang terakhir tentu saja karena dehidrasi. Dehidrasi merupakan kondisi ketika tubuh tidak mendapat cairan yang cukup. Dehidrasi juga bisa menyebabkan beberapa gejala lain, seperti pusing, mudah lelah, urine berwarna gelap, mulut kering, hingga kulit pecah-pecah.

Penyebab dehidrasi sendiri juga bisa bermacam-macam, di antaranya:

  • Kurang minum
  • Muntah-muntah dan diare
  • Minum alkohol berlebihan
  • Beraktivitas berat di siang hari
  • Berolahraga
SuperO2 air putih air minum beroksigen
Photo by SuperO2 on Instagram

Cegah Dehidrasi dengan SuperO2 Sportivo

Agar tubuh selalu terhidrasi dengan baik, selalu rutin konsumsi SuperO2 Sportivo di mana pun dan kapan pun. SuperO2 Sportivo adalah air minum beroksigen 100 ppm yang memiliki kemampuan menghidrasi tubuh secara maksimal karena diproduksi secara higienis dan berkualitas.

Kandungan oksigen ekstra pada SuperO2 Sportivo juga mampu memberikan kesegaran seketika pada setiap tegukannya, sehingga bisa mengembalikan tubuh menjadi fit setiap hari.

Sumber

SuperO2 – Postingan Terkait

3 Alasan Kenapa Kamu Harus Minum Super O2?

3 Alasan Kenapa Kamu Harus Minum Super O2?

Di antara banyaknya merk air putih, kenapa, sih, harus memilih Super O2 untuk dikonsumsi harian? Karena kandungan dalam Super O2 memilki segudang manfaat yang baik untuk tubuh. Sehingga, selain menghilangkan dahaga, tubuh juga bisa menyerap kandungan baik di dalamnya....

Bisakah Air Putih Menghancurkan Batu Ginjal?

Bisakah Air Putih Menghancurkan Batu Ginjal?

Benar nggak, sih, kalau air putih bisa menghancurkan batu ginjal? Sebelum itu, kalian perlu tahu, nih, soal apa batu ginjal itu? Batu ginjal, melansir Halodoc, merupakan endapan mineral dan garam yang terbentuk di dalam saluran urine. Endapan ini kemudian membentuk...