SuperO2 News

Mengenal Diet Air Putih, Cara Aman untuk Turunkan Berat Badan

by | Mar 8, 2024

Home 9 Berita 9 Mengenal Diet Air Putih, Cara Aman untuk Turunkan Berat Badan

Apakah kalian pernah mendengar tentang diet air putih? Jika belum, semoga artikel ini bisa membantu, ya!

Biasanya orang yang ingin menurunkan berat badan, akan melakukan segala cara supaya angka di timbangan bisa menurun. Tapi, tidak banyak dari mereka yang paham, apakah cara yang digunakan aman atau tidak.

Dari sekian banyak cara menurunkan berat badan, diet air putih menjadi saah satu cara yang dinilai paling aman. Emang, iya?

Melansir situs siloamhospital.com, diet air putih atau water fasting, merupakan diet yang dilakukan dengan tidak mengonsumsi apapun selain air putih.

Secara logika ketika tubuh hanya mengonsumsi air putih, maka kalori yang masuk hanya 0. Hal itu karena air putih tidak mengandung kalori sama sekali.

Tapi, untuk melakukan diet air putih, tidak boleh dilakukan secara asal-asalan. Karena jika salah atau dilakukan tanpa panduan, tubuh bisa kekurangan nutrisi.

Lalu, bagaimana cara aman melakukan diet air putih?

1. Mengurangi porsi makan

Sebelum memulai water fasting, kalian harus menetapkan waktu yang pas seperti, ketika tidak ada pekerjaan atau aktivitas berat. Jika sudah menetapkan waktu, mulai menyiapkan asupan zat gizi sebelum pelaksanaan diet.

Setelah itu, mulai kurangi porsi makan selama beberapa hari menjelang diet. Namun, pada fase ini, pastikan tubuh tetap mendapatkan asupan nutrisi yang cukup.

Photo by hellosehat

Konsumsi minuman yang kaya nutrisi dan mengenyangkan, seperti smoothie atau jus buah.

2. Minum air putih saat lapar

Selama menjalani diet air putih, perbanyak konsumsi air putih saat merasa lapar.

Biasakan minum air putih minimal dua jam sekali untuk membantu memastikan tubuh mendapatkan asupan di waktu yang tepat.

3. Menghindari aktivitas fisik berat

Karena selama diet air putih tubuh tidak mendapatkan nutrisi yang cukup, maka hindari olahraga yang terlalu berat agar tidak mengalami dehidrasi atau kelelahan.

Photo by Kompas

Ketika tubuh melakukan aktivitas berat, maka konsumsi air putih pun bertambah. Hal ini juga akan berdampak negatif bagi tubuh.

4. Refeeding

Jika sudah lolos melakukan diet air putih seperti target yang diberikan, jangan langsung makan dalam porsi besar. Untuk sementara, keinginan itu harus ditahan dulu.

Karena, jika langsung makan dalam porsi besar setelah melakukan diet air putih, dapat menyebabkan terjadinya refeeding syndrome atau gangguan kesehatan di mana tubuh mengalami perubahan terlalu cepat dalam keseimbangan kadar cairan dan elektrolit.

Buat kalian yang ingin melakukan diet air putih, disarankan untuk menerapkan pola ini selama satu hingga tiga hari saja agar tidak terjadi keluhan kesehatan seperti, dehidrasi dan kekurangan nutrisi.

Supaya diet makin semangat dan nggak lemas, pilih air putih SuperO2 yang memiliki kandungan terbaik dan kualitas juara.

SuperO2 adalah air oksigen yang mengandung 100 ppm oksigen diproses dengan teknologi OxyBooster dari Jerman, Kandungan Oksigennya 25x lebih banyak daripada air minum biasa, sehingga menghasilkan air minum berOksigen tinggi. SuperO2 juga mampu memberi kesegaran ekstra pada tubuh setiap hari.

SuperO2 – Postingan Terkait

SuperO2 vs Air Minum Biasa: Kenapa Harus Beralih ke SuperO2?

SuperO2 vs Air Minum Biasa: Kenapa Harus Beralih ke SuperO2?

Seperti yang kita tahu, air adalah komponen utama tubuh manusia dan penting bagi kita untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Tapi tahu nggak, ada yang lebih memberikan manfaat lho dari sekedar air minum biasa! Yak, dibandingkan air minum biasa, air beroksigen...