SuperO2 News

7 Arti Kode pada Botol Plastik, Jangan Asal Pakai!

by | Jul 26, 2023

Home 9 Berita 9 7 Arti Kode pada Botol Plastik, Jangan Asal Pakai!
ilustrasi botol plastik
Photo by Freepik

Begitu banyaknya botol air minum plastik yang kita temui sehari-hari, mungkin kamu pernah bertanya-tanya tentang arti kode yang tercetak pada botol tersebut. Biasanya kode berbentuk segitiga dengan angka di dalamnya. Kode ini umumnya terletak di bagian bawah botol.

Ternyata, kode pada botol plastik mempunyai artinya masing-masing yang berkaitan dengan jenis dan daur ulang bahan plastik yang digunakan. Artikel ini akan membahas tentang tujuh arti kode pada botol air minum plastik yang sering ditemui, sehingga kamu tahu jenis plastik yang dipakai, dampak lingkungannya, hingga kebijakan daur ulangnya.

arti kode pada botol plastik
Photo by Utah Recycling Alliance

Arti Kode pada Botol Plastik

Untuk mengetahuinya, simak penjelasan lengkapnya berikut ini, ya!

1. Angka 1 (PET/PETE)

Kode pertama pada botol atau kemasan plastik yang sering ditemui adalah angka 1 (PET/PETE).

Kode angka 1 pada botol plastik menunjukkan kalau plastik tersebut merupakan polietilen tereftalat atau yang disingkat PET atau PETE.

2. Angka 2 (HDPE)

Kode pada botol plastik yang kedua adalah angka 2 (HDPE). Angka 2 menunjukkan bahan plastik tersebut merupakan polietilen densitas tinggi atau high-density polyethylene (HDPE).

Umumnya, plastik HDPE memiliki ketahanan pakai dan tidak terurai di bawah paparan sinar matahari, pemanasan, atau pembekuan ekstrem. Biasanya HDPE dipakai untuk membuat kursi dan perabot lainnya.

Meski begitu, plastik HDPE yang dipakai untuk kemasan makanan atau minuman juga tidak dianjurkan dipakai berulang kali.

3. Angka 3 (PVC)

Kode pada botol plastik yang kedua adalah angka 3 (PVC). Angka tiga pada kode ini berarti vinil atau polivinil klorida (PVC). Bahan plastik PVC merupakan plastik lunak dan fleksibel yang sering dipakai untuk membuat bungkusan makanan plastik bening, botol minyak goreng, hingga mainan anak.

Plastik PVC juga tidak boleh digunakan berulang sebagai wadah makanan. Sebab PVC mengandung racun yang bisa larut. Kandungan DEHA atau Diethylhydroxylamine di dalamnya bisa bereaksi jika terkena makanan secara langsung.

4. Angka 4 (LDPE)

Angka 4 sebagai kode pada botol plastik merujuk pada polietilen densitas rendah atau low-density polyethylene (LDPE). Umumnya, bahan plastik ini dijadikan tas belanja, botol plastik yang bisa diremas, hingga plastik makanan beku.

Plastik LDPE dinilai tidak terlalu beracun daripada jenis plastik lainnya. Jenis plastik ini cukup aman untuk digunakan. Kemasan dengan bahan plastik ini aman dipakai kembali dalam jangka waktu pendek, tapi tidak selalu bisa didaur ulang karena susah dihancurkan.

5. Angka 5 (PP)

Kode pada botol plastik berikutnya adalah angka 5 (PP). Angka 5 dalam segitiga ini merujuk pada polypropylene atau PP. Bahan plastik PP termasuk jenis plastik yang paling aman untuk minuman atau makanan. Jenis plastik ini cukup kuat, ringan, dan tahan panas.

Selain itu, jenis plastik ini juga menjadi penghalang kelembapan, minyak, dan bahan kimia. Oleh sebab itu, wadah atau botol dengan angka 5 (PP) berarti bisa digunakan berulang kali dan mudah didaur ulang. 

6. Angka 6 (PS)

Sementara angka 6 (PP) menunjukkan bahan plastik polystyrene (PS). Bahan plastik polystyrene adalah plastik yang murah, ringan, dan mudah dibentuk untuk bermacam-macam kebutuhan.

Plastik PS umumnya dipakai untuk membuat gelas dan piring styrofoam sekali pakai, sendok garpu plastik, karton telur, hingga pembungkus makanan. Plastik ini sangat ringan dan lemah secara struktur, mudah putus, dan mudah menyebar ke lingkungan sekitar secara alami.

Namun, bahan plastik PS tidak dianjurkan untuk makanan dan minuman karena polystyrene bisa melepaskan styrene yang bersifat karsinogen, khususnya saat dipanaskan.

SuperO2 Sportivo
Photo by Tanobel

7. Angka 7 (Other)

Kode pada botol plastik yang terakhir adalah angka 7 (Other). Umumnya, bahan plastik angka 7 (Other) terbuat dari SAN (Styrene Acrylonitrile), ABS (Acrylonitrile Butadiene Styrene), dan PC (Polycarbonate).

Bahan SAN sering ditemukan pada piring, mangkuk, termos, hingga sikat gigi. Sedangkan ABS biasanya ditemui pada wadah makanan dan minuman, mainan anak, hingga pipa. Lalu plastik PC sering ditemukan pada beberapa botol bayi.

Meski begitu, kebanyakan botol bayi sudah tidak menggunakan jenis plastik PC karena plastik tersebut menghasilkan BPA yang berbahaya bagi kesehatan.

Nah, itulah penjelasan lengkap tentang arti kode pada botol plastik yang wajib kamu ketahui agar tidak membahayakan kesehatan diri dan lingkungan sekitar. Supaya kesehatanmu makin terjaga, selalu konsumsi SuperO2 agar tubuh fit sepanjang hari. Namun ingat, kemasan botol plastiknya jangan dipakai berulang kali, ya!

Sumber: https://www.liputan6.com/hot/read/4184327/7-arti-simbol-segitiga-pada-botol-plastik-kenali-kegunaannya

SuperO2 – Postingan Terkait

SuperO2 vs Air Minum Biasa: Kenapa Harus Beralih ke SuperO2?

SuperO2 vs Air Minum Biasa: Kenapa Harus Beralih ke SuperO2?

Seperti yang kita tahu, air adalah komponen utama tubuh manusia dan penting bagi kita untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Tapi tahu nggak, ada yang lebih memberikan manfaat lho dari sekedar air minum biasa! Yak, dibandingkan air minum biasa, air beroksigen...