SuperO2 News

10 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal agar Sehat di Masa Tua

by | Dec 29, 2023

Home 9 Berita 9 10 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal agar Sehat di Masa Tua
Cara diet air putih salah satunya dengan rutin minum setelah bangun tidur
Photo by Freepik

Ginjal merupakan salah satu organ tubuh terpenting yang dimiliki manusia. Pada dasarnya, ginjal berperan untuk menyaring darah dari kotoran dan zat beracun di dalamnya. Selain itu, fungsi ginjal adalah untuk proses mengeluarkan urine, menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, mengatur sel darah merah, dan mengatur keseimbangan pH darah.

Oleh sebab itu, fungsi vital tersebut tidak boleh disepelekan. Setiap orang perlu menjaga kesehatan ginjal agar tidak terkena berbagai penyakit berbahaya di masa mendatang. Berikut beberapa cara menjaga kesehatan ginjal yang bisa mulai kamu lakukan sedini mungkin.

1. Konsumsi Air Secukupnya

Ginjal memerlukan air untuk menghasilkan urine yang membawa racun dan limbah keluar dari tubuh. Minum cukup air membantu menjaga ginjal tetap sehat. Usahakan untuk minum 6-8 gelas air per hari, tapi kebutuhan air setiap individu bisa berbeda tergantung pada faktor-faktor seperti aktivitas fisik dan kondisi kesehatan.

2. Kontrol Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi atau hipertensi dapat merusak pembuluh darah ginjal dan menyebabkan kerusakan ginjal secara bertahap. Hindari konsumsi garam berlebihan, perhatikan diet rendah garam, hindari stres, dan lakukan olahraga secara teratur untuk menjaga tekanan darah tetap stabil.

3. Jaga Gula Darah

Kadar gula darah yang tinggi dapat merusak pembuluh darah di ginjal. Hal tersebut dapat terjadi pada penderita diabetes. Dengan mengelola kadar gula darah melalui diet yang sehat, penggunaan obat-obatan yang diresepkan, dan pengukuran gula darah yang teratur, kamu dapat melindungi ginjal dari kerusakan.

4. Pola Makan Sehat

Makan makanan sehat sangat penting untuk kesehatan ginjal. Konsumsi buah-buahan, sayuran, biji-bijian utuh, protein sehat, dan batasi makanan yang mengandung garam, lemak jenuh, serta gula tambahan. Tips ini dapat membantu mengurangi risiko pembentukan batu ginjal atau penyakit ginjal lainnya.

5. Jaga Kadar Kolesterol

Kadar kolesterol tinggi juga dapat merusak pembuluh darah di ginjal. Makan makanan rendah lemak jenuh, hindari makanan olahan, dan lakukan aktivitas fisik untuk menjaga kolesterol tetap dalam rentang normal.

6. Olahraga Teratur

Olahraga membantu meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh, termasuk ke ginjal. Aktivitas fisik membantu menjaga berat badan yang sehat, mengendalikan tekanan darah, serta mengurangi risiko penyakit kardiovaskular yang bisa memengaruhi kesehatan ginjal.

7. Hindari Minuman Alkohol Berlebihan

Konsumsi alkohol yang berlebihan dapat merusak ginjal dan menyebabkan tekanan darah tinggi. Batasi konsumsi alkohol sesuai anjuran dokter atau lebih baik lagi, hindari alkohol secara total untuk melindungi ginjal.

8. Jangan Merokok

Merokok merusak pembuluh darah di seluruh tubuh, termasuk di ginjal. Kebiasaan merokok bisa meningkatkan risiko penyakit ginjal serta masalah kesehatan lainnya. Mulailah berhenti merokok secara perlahan untuk menjaga kesehatan ginjal.

9. Hindari Penggunaan Obat yang Berlebihan

Penggunaan obat-obatan tertentu secara berlebihan atau jangka panjang dapat merusak ginjal. Jangan menggunakan obat-obatan tanpa resep dokter atau melampaui dosis yang direkomendasikan.

10. Periksa Kesehatan Ginjal Secara Rutin

Lakukan pemeriksaan kesehatan ginjal secara rutin, terutama jika ada riwayat keluarga dengan masalah ginjal atau jika memiliki penyakit yang memengaruhi kesehatan ginjal. Ini membantu mendeteksi masalah sejak dini dan mengambil tindakan pencegahan yang tepat.

Photo by SuperO2 on Instagramhttps://www.instagram.com/p/C0L7CS2r8iC/

Dengan menerapkan beberapa cara tersebut, setidaknya kamu bisa mengurangi risiko terkena penyakit-penyakit yang berkaitan dengan organ ginjal. Supaya terhindar dari penyakit ginjal, jangan lupa untuk selalu mencukupi asupan cairan dengan air putih yang berkualitas.

SuperO2 merupakan air beroksigen tinggi dengan kandungan oksigen 100 ppm atau setara 25x lebih banyak kandungan oksigen daripada air minum biasa, diproses dengan teknologi Oxybooster dari Jerman. Bantu menjaga daya tahan tubuh dan membuat tubuh tetap segar.

Sumber

SuperO2 – Postingan Terkait

SuperO2 vs Air Minum Biasa: Kenapa Harus Beralih ke SuperO2?

SuperO2 vs Air Minum Biasa: Kenapa Harus Beralih ke SuperO2?

Seperti yang kita tahu, air adalah komponen utama tubuh manusia dan penting bagi kita untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Tapi tahu nggak, ada yang lebih memberikan manfaat lho dari sekedar air minum biasa! Yak, dibandingkan air minum biasa, air beroksigen...