SuperO2 News

Cara mengurangi nafsu makan untuk menjaga berat bedan ideal

by | Jun 15, 2024

Home 9 Berita 9 Cara mengurangi nafsu makan untuk menjaga berat bedan ideal
Photo by Lifeforstock on Freepik

Ternyata kamu bisa membuat rasa kenyang lebih lama pada perutmu dengan melakukan beberapa cara, lho. Bagi kamu yang suka menghemat pengeluaran atau uang jajan, tentu hal ini wajib kamu ketahui.

Cara agar kenyang lebih lama juga berlaku untuk kamu yang sedang menjalani program diet atau ingin memperbaiki pola makan. Simak pembahasan selengkapnya di bawah ini, ya!

1. Tambah asupan protein

Sejumlah penelitian menyebut kalau mengonsumsi makanan tinggi protein bisa meningkatkan rasa kenyang. Protein dapat menekan rasa lapar dan nafsu makan, sehingga kamu bisa kenyang lebih lama.

2. Perbanyak makanan tinggi serat

Selain makanan tinggi protein, cara agar kenyang lebih lama lainnya adalah dengan memperbanyak makanan tinggi serat. Makanan kaya serat bisa memperlambat pengosongan perut.

3. Kunyah secara perlahan

Percaya atau tidak, cara agar kenyang lebih lama bisa dengan mengunyah makanan secara perlahan. Dalam proses pencernaan, terdpaat reseptor yang bertugas mengirim sinyal rasa kenyang ke otak. Kemudian terdapat hormon yang menjadi tanda makanan sudah dicerna dan hormon rasa kenyang.

Dengan mengunyah lebih pelan, bisa membuat otak lebih mudah mengenali rasa kenyang. Jadi, kamu tidak akan makan terlalu banyak untuk merasa kenyang.

4. Batasi makanan atau minuman manis

Makanan dan minuman manis dianggap bisa meningkatkan nafsu makan, sehingga akan terasa lapar terus menerus. Oleh sebab itu, coba kurangi makanan dan minuman manis untuk menekan rasa lapar dan nafsu untuk makan banyak.

5. Terapkan jam makan teratur

Kamu juga harus menerapkan jam makan yang teratur setiap hari untuk menjaga nafsu makan yang berlebih. Kamu bisa membagi kapan saja kamu makan berat dan makan camilan.

6. Konsumsi camilan sehat

Tidak ada salahnya mengonsumsi camilan di sela-sela aktivitas atau setelah makan siang. Namun, lebih baik mengonsumsi camilan yang sehat. Sebisa mungkin batasi konsumsi camilan tidak sehat seperti gorengan, makanan tinggi garam, gula, atau lemak. Gantikan dengan buah-buahan segar yang rendah kalori.

7. Minum kopi hitam tanpa gula

Kopi hitam tanpa gula dianggap bisa menjadi penahan lapar yang efektif. Tidak ada salahnya kamu mencoba cara ini. Namun, jangan terlalu sering mengonsumsi kopi, apalagi dalam jumlah yang banyak. Sebab justru bisa menyebabkan masalah lain seperti sulit tidur.

8. Selalu rencanakan daftar belanja

Cara yang satu ini berlaku bagi kamu yang masak sendiri. Sebelum berbelanja bahan kebutuhan, selalu tulis daftar belanja sesuai makanan apa yang akan dimasak. Pastikan bahan yang akan dibeli meliputi makanan tinggi nutrisi dan mengenyangkan.

9. Boleh makan di luar, tapi tentukan dengan bijak

Tidak ada salahnya makan atau jajan di luar, tapi sebisa mungkin tentukan dengan teliti dan bijak. Pilihlah tempat makan yang memiliki menu bernutrisi dan pilih porsi yang sesuai dan jangan berlebihan.

SuperO2 Sportivo
Photo by SuperO2 on Instagram

10. Rajin minum air putih

Cara agar kenyang lebih lama yang terakhir adalah dengan rutin minum air putih setiap hari. Jika kamu kurang minum air putih, maka bisa menyebabkan dehidrasi ringan dan terkadang dianggap oleh tubuh sebagai rasa lapar.

Oleh sebab itu, penting untuk selalu minum air putih setiap hari secukupnya. Kamu bisa minum segelas air putih 30 menit sebelum makan untuk mengurangi rasa lapar. Selain itu, pilihlah air putih yang berkualitas dan jangan asal-asalan. Salah satu produk air putih yang dikenal higienis dan terbaik adalah SuperO2.

SuperO2 adalah air minum beroksigen yang diproses secara higienis dan mengandung 5X lebih banyak oksigen dari air putih biasa. SuperO2 tidak hanya menghidrasi, tapi juga memberi kesegaran ekstra seketika bagi tubuh.

Sumber

SuperO2 – Postingan Terkait

SuperO2 vs Air Minum Biasa: Kenapa Harus Beralih ke SuperO2?

SuperO2 vs Air Minum Biasa: Kenapa Harus Beralih ke SuperO2?

Seperti yang kita tahu, air adalah komponen utama tubuh manusia dan penting bagi kita untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Tapi tahu nggak, ada yang lebih memberikan manfaat lho dari sekedar air minum biasa! Yak, dibandingkan air minum biasa, air beroksigen...