SuperO2 News

8 Cara Menghilangkan Pedas yang Cepat, Jangan Minum Es!

by | Dec 29, 2023

Home 9 Berita 9 8 Cara Menghilangkan Pedas yang Cepat, Jangan Minum Es!
Photo by Freepik

Apakah kamu pencinta makanan pedas? Mungkin bagimu, belum makan namanya kalau tidak ada rasa pedas di dalam makanan yang dikonsumsi. Namun, kecintaan terhadap rasa pedas tidak serta merta membuat seseorang bisa kebal dan tidak merasakan sensasi pedas pada lidahnya.

Hanya saja, pencinta pedas biasanya bisa lebih menoleransi sensasi terbakar di lidah serta mulut dan bisa menahannya. Baik yang menyukainya maupun tidak, seseorang biasanya tetap membutuhkan penghilang rasa pedas.

Ada beberapa cara menghilangkan pedas yang cepat dan efektif. Berikut ulasannya!

1. Minum Susu atau Produk Susu

Susu mengandung protein kasein yang dapat mengikat senyawa capsaicin, zat yang menyebabkan rasa pedas di mulut. Kasein membantu melapisi lidah dan membantu mengangkat capsaicin dari reseptor rasa di lidah, sehingga meredakan sensasi panas dan pedas.

2. Makan Yoghurt atau Es Krim

Yoghurt atau es krim mengandung lemak dan laktosa yang dapat membantu menenangkan reseptor rasa di lidah. Lemak dalam produk susu juga membantu mengurangi kepedasan dengan cara mengikat senyawa capsaicin.

3. Konsumsi Makanan Berminyak atau Lemak

Makanan berminyak atau berlemak membantu “mengencerkan” capsaicin yang terikat pada reseptor rasa di mulut, sehingga membantu mengurangi intensitas rasa pedas.

4. Makanan Karbohidrat

Makanan berbasis karbohidrat seperti roti, nasi, atau pasta memiliki efek menenangkan terhadap rasa pedas. Sebab karbohidrat bisa membantu menyerap dan mengurangi efek capsaicin di mulut.

5. Konsumsi Gula atau Madu

Gula atau madu dapat membantu meredakan sensasi pedas dengan menawarkan rasa manis yang dapat mengurangi rasa pedas di mulut. Selain itu, gula juga membantu “mengikat” capsaicin dan mengurangi keasaman di lidah.

6. Konsumsi Asam

Asam sitrat dalam lemon atau jeruk nipis membantu memecah sensasi pedas di mulut karena asam dapat mengganggu sifat capsaicin. Asam juga membantu menetralkan pH mulut yang terpengaruh oleh capsaicin.

7. Konsumsi Sayuran atau Buah yang Segar

Sayuran atau buah segar, seperti mentimun atau semangka, mengandung air yang dapat membantu “menghilangkan” capsaicin dari lidah dan memberikan sensasi kesegaran.

8. Minum Air

Walaupun air tidak menghilangkan rasa pedas, tetapi membantu dalam menggeser dan menghilangkan capsaicin dari reseptor rasa di lidah, memberikan sedikit bantuan dari sensasi panas yang terasa.

SuperO2 Sportivo
Photo by SuperO2 on Instagram

Alih-alih minum air dingin atau air es, lebih baik kamu minum air putih biasa atau air hangat untuk menghilangkan pedas. Sebab air dingin atau air es tidak efektif menghilangkan pedas. air dingin justru bisa menyebarkan capsaicin di seluruh bagian mulut.

Selain itu, minumlah air putih berkualitas yang mengandung oksigen seperti SuperO2 supaya kamu juga merasakan manfaatnya. SuperO2 merupakan air beroksigen tinggi yang diproses dengan teknologi Oxybooster dari Jerman. Bantu menjaga daya tahan tubuh dan membuat tubuh tetap segar.

Sumber

SuperO2 – Postingan Terkait

SuperO2 vs Air Minum Biasa: Kenapa Harus Beralih ke SuperO2?

SuperO2 vs Air Minum Biasa: Kenapa Harus Beralih ke SuperO2?

Seperti yang kita tahu, air adalah komponen utama tubuh manusia dan penting bagi kita untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Tapi tahu nggak, ada yang lebih memberikan manfaat lho dari sekedar air minum biasa! Yak, dibandingkan air minum biasa, air beroksigen...