SuperO2 News

9 Cara Menghilangkan Pedas yang Ampuh dengan Cepat, Cek!

by | Nov 9, 2023

Home 9 Berita 9 9 Cara Menghilangkan Pedas yang Ampuh dengan Cepat, Cek!
Photo by Freepik

Bagi sebagian orang, sensasi pedas pada makanan memang nikmat dan makin menggugah selera makan. Apalagi disertai dengan rasa gurih, asin, atau bahkan manis. Namun bagi sebagian orang yang tidak tahan dan tidak terbiasa, sensasi pedas bisa sangat menyiksa.

Bahkan banyak orang yang sampai bercucuran keringat, mata berair, hingga bibir merah karena makan makanan pedas. Jika sudah seperti ini, banyak orang yang langsung minum air dingin atau air es untuk menyegarkan mulut. Alih-alih hilang, justru sensasi pedas makin menjadi-jadi dan sulit dihilangkan.

Cara tersebut keliru karena air dingin atau air es justru bisa membuat sensasi pedas menyebar ke seluruh area mulut. Bagi kamu yang sudah tak tahan, berikut cara menghilangkan pedas yang ampuh dengan cepat. Simak segera di bawah ini, ya!

1. Makan nasi atau roti

Cara menghilangkan pedas yang pertama adalah dengan makan nasi atau roti. Nasi dan roti adalah karbohidrast yang memiliki tekstur kasar di mulut. Hal ini bisa menyebabkan reseptor pada lidah menangkap sinyal yang berbeda, sehingga gagal mengenali sensasi pedas. Karbohidrat juga membantu penyerapan capsaicin yang menjadi penyebab sensasi pedas agar tidak masuk ke dalam tubuh.

2. Minum susu

Cara menghilangkan pedas dengan minum susu sudah cukup populer dan efektif. Dalam susu, terdapat senyawa protein kasein yang dapat memecah capsaicin atau zat yang menyebabkan sensasi pedas.

Tak hanya itu, capsaicin dan kasein memiliki sifat nonpolar, yaitu lemak dalam susu dan kasein dapat mengikat capsaicin. Akhirnya, rasa pedas dapat dicegah sebelum terlalu lama menempel di mulut dan lidah.

3. Minum madu atau gula

Cara menghilangkan pedas selanjutnya adalah dengan mengonsumsi satu sendok madu atau gula. Keduanya mengandung sukrosa yang bisa mempercepat pengeluaran capsaicin dari mulut. Sukrosa juga membantu efek analgesik, sehingga sensasi pedas bisa lebih berkurang.

4. Beri sedikit garam di bawah lidah

Bagi kamu yang menyimpan garam dapur di rumah, maka bisa mencoba cara menghilangkan pedas yang satu ini. Caranya adalah dengan memberikan sedikit garam pada bawah lidah. Cara ini diketahui efektif mengurangi sensasi pedas pada mulut.

5. Makan cokelat

Cara menghilangkan pedas berikutnya adalah dengan makan cokelat. Dengan rasa yang pahit dan manis serta kandungan lemak di dalamnya, dapat membantu menghilangkan senyawa capsaicin pada cabai yang menempel di lidah dan mulut.

6. Minuman asam

Meminum minuman asam juga bisa menjadi cara menghilangkan pedas yang ampuh. Contohnya sari lemon, nanas, dan air perasan jeruk. Sebab kandungan asam yang tinggi dapat meredakan sensasi panas dan pedas pada mulut.

7. Selai kacang

Cara menghilangkan pedas selanjutnya adalah dengan mengonsumsi selai kacang. Selai kacang mengandung gula yang mampu menghilangkan sensasi terbakar akibat makanan pedas. Sama seperti cokelat, kandungan lemak pada selai kacang juga bisa menghilangkan capsaicin pada mulut.

8. Minyak zaitun

Minyak zaitun juga bisa menjadi salah satu cara menghilangkan pedas yang ampuh. Kandungan lemak pada minyak zaitun bisa meredakan sensasi panas dan terbakar karena kepedasan. Bubuhkan sedikit minyak zaitun pada mulut agar pedas cepat hilang.

9. Air putih hangat

Cara menghilangkan pedas yang terakhir adalah dengan minum air putih hangat. Air putih hangat ampuh untuk mengencerkan senyawa capsaicin lebih cepat dari air dingin, sehingga sensasi pedas akan lebih cepat hilang.

SuperO2 Sportivo air minum beroksigen
Photo by SuperO2 on Instagram

Pilih Air Putih yang Berkualitas

Tidak hanya menghilangkan pedas, kamu juga perlu mengonsumsi air putih yang kaya akan manfaat, seperti SuperO2 Sportivo. SuperO2 Sportivo adalah air putih beroksigen 100 ppm yang higienis dan tanpa efek samping, sehingga aman diminum dan terjamin kualitasnya.

SuperO2 Sportivo mampu memberi kesegaran ekstra seketika pada setiap tegukannya. Kandungan oksigen yang 5X lebih banyak dari air minum biasa juga mampu memberikan hidrasi maksimal bagi setiap orang.

Sumber

SuperO2 – Postingan Terkait

SuperO2 vs Air Minum Biasa: Kenapa Harus Beralih ke SuperO2?

SuperO2 vs Air Minum Biasa: Kenapa Harus Beralih ke SuperO2?

Seperti yang kita tahu, air adalah komponen utama tubuh manusia dan penting bagi kita untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Tapi tahu nggak, ada yang lebih memberikan manfaat lho dari sekedar air minum biasa! Yak, dibandingkan air minum biasa, air beroksigen...