SuperO2 News

9 Cara Mengatasi Insomnia yang Aman dan Patut Dicoba

by | Nov 8, 2023

Home 9 Berita 9 9 Cara Mengatasi Insomnia yang Aman dan Patut Dicoba
Photo by rawpixel on Freepik

Insomnia adalah gangguan yang menyebabkan penderitanya sulit tidur di malam hari. Penyebabnya bisa bermacam-macam, mulai dari gangguan psikologis seperti kecemasan berlebih, stres, dan depresi hingga pola hidup yang buruk, seperti kebiasaan konsumsi kafein dan minuman beralkohol. Penyebab insomnia juga bisa karena efek samping obat atau nyeri pada sendi.

Insomnia bisa mengganggu produktivitas dan kinerja seseorang. Apalagi jika sampai seseorang tidak bisa tidur berhari-hari, sehingga memengaruhi kegiatannya dari pagi hingga sore hari. Jika kamu sedang mengalaminya, ada banyak cara mengatasi insomnia yang bisa dilakukan. Berikut beberapa di antaranya:

1. Sebisa mungkin berpikir positif

Cara mengatasi insomnia yang pertama adalah dengan berusaha semaksimal mungkin untuk tenang, rileks, dan berpikir positif. Hal ini memang sulit dilakukan, terlebih bagi orang yang mengalami cemas berlebih. Cobalah lakukan meditasi untuk menenangkan pikiran sejenak. Jika tidak memungkinkan, maka kamu perlu ke psikolog atau psikiater untuk melakukan konseling.

2. Mulai gaya hidup sehat

Gaya hidup yang sehat bisa memengaruhi jam tidur seseorang. Mulai dari mengatur makan, rutin berolahraga setiap hari, dan mengurangi stres. Cobalah lakukan olahraga yang ringan terlebih dahulu seperti berjalan kaki atau berolahraga yang bisa menaikkan mood kamu.

3. Konsumsi makanan sehat

Cara mengatasi insomnia berikutnya adalah dengan mengonsumsi makanan-makanan sehat yang bergizi seimbang. Pastikan kamu memenuhi karbohidrat, protein, hingga lemak yang cukup bagi tubuh. Jangan lupa perbanyak makan buah dan sayur yang memiliki berbagai manfaat bagi tubuh.

4. Hindari kafein dan minuman beralkohol

Pastikan kamu mulai menghindari minuman kafein dan beralkohol, khususnya sebelum tidur. Ganti dengan minum susu sapi atau air putih yang cukup setiap harinya.

5. Hindari merokok sebelum tidur

Selain minuman kafein dan beralkohol, hindari juga kebiasaan merokok sebelum tidur. Kebiasaan ini akan membuat kamu sulit tidur. Jika butuh camilan di malam hari, konsumsi camilan sehat seperti buah-buahan atau kacang-kacangan dan biji-bijian.

6. Lakukan relaksasi

Cara mengatasi insomnia selanjutnya bisa dengan rutin melakukan relaksasi saat malam hari. Contohnya gerakan-gerakan yoga dan pilates yang bisa membuat kamu lebih tenang dan rileks. Selain itu, kamu bisa mencoba beberapa kegiatan lain seperti mandi air hangat, mendengar musik yang tenang, hingga membaca buku.

7. Atur kegiatan di siang hari

Salah satu penyebab insomnia bagi sebagian orang adalah aktivitas di siang harinya yang tidak menentu. Akibatnya ritme sirkadian yang mengatur mekanisme alami tubuh mulai dari jadwal tidur dan bangun, metabolisme, hingga suhu tubuh akan terganggu. Ritme sirkadian yang terganggu akan menyebabkan salah satunya adalah insomnia.

Oleh sebab itu, pastikan kamu mengatur kegiatan yang dilakukan sepanjang hari secara teratur agar mengembalikan ritme sirkadian yang bagus.

8. Buat suasana tidur yang nyaman

Cara mengatasi insomnia selanjutnya adalah dengan menciptakan suasana tidur yang nyaman. Mulailah dari membersihkan kamar dari debu dan kotoran yang ada di lantai dengan menyapu dan mengepel.

Kemudian bersihkan perabotan-perabotan yang ada di kamar, seperti lemari, meja, kursi, kipas angin, dan sebagainya. Jangan lupa untuk rutin mengganti sprei agar tidur lebih nyaman. Gunakan lampu tidur dengan pencahayaan yang pas dan tidak terlalu silau.

9. Konsumsi obat dari dokter

Cara mengatasi insomnia yang terakhir adalah dengan mengonsumsi obat dari dokter. Cara ini bisa dibilang menjadi jalan terakhir karena dinilai paling ampuh dan efektif. Sebab dokter biasanya akan meresepkan obat yang sudah sesuai dengan keluhan dan masalah yang kamu alami. Konsumsi obat dari dokter secara teratur sesuai arahan agar hasilnya maksimal.

Photo by SuperO2 on Instagram

Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh Setiap Hari

Selain itu, salah satu aspek yang juga penting diperhatikan adalah kebutuhan cairan tubuh setiap hari. Sebab cairan tubuh yang selalu terpenuhi juga berpengaruh bagi gaya hidup yang sehat pada setiap orang.

Idealnya, setiap orang membutuhkan 2 liter atau 8 gelas air untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh yang bisa dipenuhi dengan minum air putih. Konsumsi air putih juga tidak bisa sembarangan karena harus yang berkualitas, seperti SuperO2.

SuperO2 adalah air minum beroksigen yang tidak hanya menghidrasi, tapi juga kaya manfaat bagi tubuh. SuperO2 mengandung 5X oksigen lebih banyak dari air biasa dan diproduksi secara higienis dan berkualitas. SuperO2 mampu memberikan kesegaran seketika bagi tubuh setelah beraktivitas seharian.

Sumber

SuperO2 – Postingan Terkait

3 Alasan Kenapa Kamu Harus Minum Super O2?

3 Alasan Kenapa Kamu Harus Minum Super O2?

Di antara banyaknya merk air putih, kenapa, sih, harus memilih Super O2 untuk dikonsumsi harian? Karena kandungan dalam Super O2 memilki segudang manfaat yang baik untuk tubuh. Sehingga, selain menghilangkan dahaga, tubuh juga bisa menyerap kandungan baik di dalamnya....

Bisakah Air Putih Menghancurkan Batu Ginjal?

Bisakah Air Putih Menghancurkan Batu Ginjal?

Benar nggak, sih, kalau air putih bisa menghancurkan batu ginjal? Sebelum itu, kalian perlu tahu, nih, soal apa batu ginjal itu? Batu ginjal, melansir Halodoc, merupakan endapan mineral dan garam yang terbentuk di dalam saluran urine. Endapan ini kemudian membentuk...