SuperO2 News

7 Cara Diet Air Putih yang Ampuh Turunkan Berat Badan

by | Aug 12, 2023

Home 9 Berita 9 7 Cara Diet Air Putih yang Ampuh Turunkan Berat Badan
Cara diet air putih salah satunya dengan rutin minum setelah bangun tidur
Photo by Freepik

Saat ini, makin banyak orang yang mencari cara efektif dan alami untuk menurunkan berat badan. Salah satu metode yang banyak diminati adalah dengan melakukan diet air putih. 

Diet air putih telah menjadi tren karena dianggap mudah, praktis, dan bermanfaat bagi tubuh. Ada tujuh cara diet air putih yang ampuh untuk membantu kamu mencapai berat badan yang diinginkan. 

Mulai dari rutinitas minum air putih yang teratur hingga mengombinasikannya dengan pola makan yang sehat. Berikut panduan lengkap yang wajib kamu simak di bawah ini.

1. Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur

Cara diet air putih yang pertama adalah memulai hari dengan minum air putih setelah bangun tidur. Saat kita tidur, tubuh kita terus bekerja untuk memperbaiki diri dan mengeluarkan racun. 

Setelah bangun tidur, tubuh kita membutuhkan hidrasi untuk memulai metabolisme dan membantu organ-organ kita berfungsi dengan baik. Minum air putih setelah bangun tidur membantu mengaktifkan organ-organ pencernaan, membersihkan sistem pencernaan, dan meningkatkan fungsi metabolisme. 

Selain itu, minum air putih pada pagi hari juga dapat membantu meningkatkan energi dan fokus, sehingga kamu lebih siap menjalani aktivitas sehari-hari dan menjaga nafsu makan tetap terkendali.

2. Minum Air Putih 2 Jam Sekali

Minum air putih secara teratur membantu menjaga kelembapan tubuh dan memastikan tubuh terhidrasi dengan baik sepanjang hari. Dengan menjaga tubuh terhidrasi, kamu dapat meningkatkan metabolisme, mengurangi rasa lapar berlebih, dan membantu tubuh mengeluarkan racun lebih efisien. 

Durasi 2 jam dinilai cukup untuk selalu memastikan tubuh terhidrasi dan mendapat cairan yang cukup. Namun, kamu tetap perlu memperhatikan warna urine saat buang air kecil, ya.

Minum air secara teratur dapat membantu mengontrol nafsu makan, sehingga kamu lebih mudah menghindari makan berlebih dan camilan yang tidak sehat. Jika kesulitan mengingat minum air secara teratur, coba gunakan pengingat atau botol air yang berisi volume yang tepat agar kamu bisa mengawasi konsumsi air harian.

3. Minum Air Putih saat Lapar

Sebelum langsung mencari camilan atau makanan berat, cobalah minum segelas air putih terlebih dahulu. Minum air putih dapat memberikan efek kenyang sementara dan membantu mengurangi keinginan untuk ngemil atau makan berlebihan. 

Selain itu, air putih juga membantu melancarkan pencernaan dan membantu tubuh mengeluarkan racun. Dengan rutinitas minum air putih saat lapar, kamu dapat mengontrol asupan kalori, membantu menjaga berat badan dalam batas normal, dan meningkatkan efisiensi diet air putih kamu secara keseluruhan.

4. Minum 2 Gelas Air Putih 30 Menit Sebelum Makan

Mengapa cara diet air putih ini penting? Minum air putih sebelum makan dapat membantu meningkatkan rasa kenyang, sehingga kamu cenderung makan lebih sedikit saat makan nanti. 

Air putih juga membantu melancarkan pencernaan dan mempersiapkan sistem pencernaan untuk menerima makanan dengan lebih baik. Selain itu, minum air putih sebelum makan juga dapat membantu menghindari dehidrasi, yang sering kali disalah artikan sebagai rasa lapar. 

Dengan menjaga tubuh terhidrasi dan mengontrol porsi makan melalui kebiasaan minum air sebelum makan, kamu dapat meningkatkan efisiensi diet air putih dan mendukung penurunan berat badan secara sehat.

5. Kombinasikan dengan Buah-buahan

Cara diet air putih yang sehat dan efektif salah satunya bisa mengombinasikannya dengan konsumsi buah-buahan. Buah-buahan mengandung serat, vitamin, dan mineral yang penting bagi kesehatan tubuh. 

Mengonsumsi buah-buahan yang kaya serat dapat membantu menjaga rasa kenyang lebih lama, sehingga kamu cenderung makan lebih sedikit saat waktu makan tiba. Selain itu, buah-buahan mengandung air alami yang akan menambah asupan cairan tubuh selain dari air putih, sehingga membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi. 

Beberapa buah-buahan juga diketahui membantu meningkatkan metabolisme dan membakar lemak, seperti jeruk, apel, dan pepaya. Opsi lain kamu bisa mencampurkan air putih dan buah-buahan, sehingga menjadi infused water.

6. Olahraga Teratur

Olahraga teratur juga termasuk komponen penting dalam diet air putih. Selain menjaga asupan air yang cukup, olahraga membantu membakar kalori dan meningkatkan metabolisme tubuh. 

Saat berolahraga, tubuh akan berkeringat untuk mengatur suhu tubuh yang membutuhkan lebih banyak cairan. Oleh karena itu, penting untuk minum air putih sebelum, selama, dan setelah sesi olahraga untuk menggantikan cairan yang hilang dan mencegah dehidrasi. 

Selain itu, minum air putih sebelum berolahraga dapat meningkatkan performa dan stamina. Sebagai bagian dari rutinitas diet air putih, pastikan untuk menjadwalkan waktu olahraga teratur sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan. Mulailah dengan aktivitas yang kamu sukai, seperti berjalan kaki, berlari, bersepeda, atau latihan di gym.

7. Batasi Minum Minuman Kemasan

Cara diet air putih yang terakhir adalah hindari minum minuman kemasan yang biasanya mengandung pemanis buatan atau pengawet. Minuman kemasan sering mengandung gula tambahan dan kalori yang tinggi, sehingga bisa menghambat usaha penurunan berat badan kamu. 

Selain itu, minuman kemasan seperti minuman berenergi atau minuman manis lainnya cenderung membuat kamu cepat merasa lapar lagi, sehingga berisiko meningkatkan asupan kalori secara keseluruhan. 

Sebagai alternatif, air putih adalah pilihan terbaik karena bebas kalori, menghidrasi tubuh dengan baik, dan membantu mengurangi rasa lapar. Jika kamu merasa bosan dengan rasa air putih biasa, coba tambahkan irisan lemon atau sejumput mint segar untuk memberikan sedikit rasa dan kesegaran alami. 

SuperO2 Sportivo
Photo by SuperO2 on Instagram

SuperO2 Siap Jadi Teman Diet Kamu

Supaya cara diet air putih kamu berjalan lancar, jangan lupa untuk selalu sedia SuperO2 ke mana pun kamu beraktivitas. SuperO2 adalah air minum beroksigen dengan kandungan oksigen 20 ppm yang 5X lebih banyak dari air minum biasa.

SuperO2 juga diproses secara higienis, sehingga menghasilkan air minum berkualitas. Selain itu, dapat mencukupi kebutuhan cairan harianmu secara maksimal.

Buat kamu yang beraktivitas berat setiap hari, ada SuperO2 Sportivo yang mengandung oksigen 100 ppm sehingga kamu tak perlu khawatir kelelahan setelah bekerja seharian. SuperO2 dapat mengembalikan kesegaran seketika setelah beraktivitas.

Sumber: https://www.alodokter.com/cara-minum-air-putih-seperti-ini-bisa-turunkan-berat-badan

SuperO2 – Postingan Terkait

SuperO2 vs Air Minum Biasa: Kenapa Harus Beralih ke SuperO2?

SuperO2 vs Air Minum Biasa: Kenapa Harus Beralih ke SuperO2?

Seperti yang kita tahu, air adalah komponen utama tubuh manusia dan penting bagi kita untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Tapi tahu nggak, ada yang lebih memberikan manfaat lho dari sekedar air minum biasa! Yak, dibandingkan air minum biasa, air beroksigen...