SuperO2 News

Apakah Bayi Boleh Minum Air Putih? Ini Penjelasannya

by | Dec 29, 2023

Home 9 Berita 9 Apakah Bayi Boleh Minum Air Putih? Ini Penjelasannya
Photo by pikisuperstar on Freepik

Apakah kamu pernah bertanya tentang bolehkah bayi minum air putih? Mungkin beberapa orang awam masih belum memahami bahwa bayi tidak boleh minum air putih sampai usianya enam bulan.

Lalu, dari mana bayi mendapatkan asupan cairan agar tetap terhidrasi? Jawabannya adalah ASI atau susu formula. Supaya lebih jelas, berikut pembahasan lengkapnya!

Apakah Bayi Boleh Minum Air Putih?

Seperti yang disebutkan sebelumnya, bayi belum boleh minum air putih sampai berusia 6 bulan. World Health Organization (WHO) sudah tegas menyebut bahwa bayi idealnya mendapatkan asupan cairan dari ASI eksklusif selama enam bulan pertama setelah lahir ke dunia. Hal ini sekaligus menyebut bahwa bayi selama enam bulan tidak boleh minum air putih.

WHO memberikan rekomendasi untuk memberikan air putih kepada bayi saat mereka sudah mulai mengonsumsi MPASI yang umumnya dilakukan pada usia 6 bulan.

1. Bayi 0-3 bulan

Bayi berusia 0-3 bulan tidak boleh diberikan air putih sama sekali. Biasanya dokter akan menganjurkan untuk mengusahakan pemberian ASI eksklusif jika memungkinkan.

2. Bayi 4-6 bulan

Bayi 4-6 bulan sebenarnya belum disarankan untuk diberikan air putih. Namun dalam beberapa kasus, ada bayi yang sudah diizinkan oleh dokter untuk diberikan MPASI, sehingga sudah mulai boleh diberikan air putih.

3. Bayi 6-8 bulan

Pada usia 6-8 bulan, biasanya bayi sudah mulai diberikan MPASI. Pada masa ini, air putih disarankan menjadi pendamping MPASI agar bayi tetap terhidrasi dengan baik dan pencernaannya lancar.

Sebab selain itu, anak akan membutuhkan cairan yang lebih banyak seiring bertambah usia, massa otot, dan lemak. Pada usia 6-8 bulan, disarankan untuk memberikan air putih sekitar seperempat sampai setengah gelas per hari. Caranya adalah dengan menggunakan bantuan sendok atau mengajarkan untuk belajar mengisap lewat gelas atau botol khusus.

4. Bayi 8-12 bulan

Pada usia 8-12 bulan, biasanya terdapat perubahan pola makan pada bayi. Terutama yang berkaitan dengan kebutuhan cairannya. Bayi 8-12 bulan umumnya membutuhkan sekitar 800 ml cairan dalam sehari.

SuperO2 kemasan 19 liter
Photo by SuperO2 on Instagram

Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui informasi tentang apakah bayi boleh minum air putih. Sebagai orang tua, pastikan juga air putih yang dikonsumsi si kecil berkualitas dan terjamin aman dikonsumsi seperti SuperO2.

SuperO2 adalah air oksigen yang mengandung 20 ppm oksigen diproses dengan teknologi OxyBooster dari Jerman, Kandungan Oksigennya 5x lebih banyak daripada air minum biasa, sehingga menghasilkan air minum berOksigen tinggi. SuperO2 juga mampu memberi kesegaran ekstra pada tubuh setiap hari.

Sumber

SuperO2 – Postingan Terkait

SuperO2 vs Air Minum Biasa: Kenapa Harus Beralih ke SuperO2?

SuperO2 vs Air Minum Biasa: Kenapa Harus Beralih ke SuperO2?

Seperti yang kita tahu, air adalah komponen utama tubuh manusia dan penting bagi kita untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Tapi tahu nggak, ada yang lebih memberikan manfaat lho dari sekedar air minum biasa! Yak, dibandingkan air minum biasa, air beroksigen...