SuperO2 News

7 Akibat Duduk Terlalu Lama dan Cara Mencegahnya, Catat!

by | Sep 6, 2023

Home 9 Berita 9 7 Akibat Duduk Terlalu Lama dan Cara Mencegahnya, Catat!
Akibat duduk terlalu lama bagi kesehatan
Photo by jcomp on Freepik

Siapa yang sehari-hari bekerja dengan duduk berjam-jam di depan laptop? Rutinitas sehari-hari ini memang sulit dihindari karena menjadi kebutuhan untuk bekerja dan menghasilkan uang. Sampai kita tidak sadar bahwa kebiasaan duduk terlalu lama selama berjam-jam memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan.

Akibat duduk terlalu lama bisa memicu masalah-masalah pada otot hingga leher dan tulang belakang. Apalagi ditambah dengan kebiasaan jarang olahraga dan pola makan yang buruk. Berikut beberapa akibat yang bisa ditimbulkan dari kebiasaan duduk terlalu lama. Simak juga beberapa cara mengatasinya berikut ini.

Akibat Duduk Terlalu Lama

Durasi waktu saat duduk yang berlebihan bisa berpengaruh pada kesehatan tubuh. Misalnya otot menjadi lemah, gangguan pada kaki, dan masalah pada leher serta tulang belakang. Berikut beberapa akibat duduk terlalu lama yang perlu diketahui:

1. Otot melemah

Akibat duduk terlalu lama yang pertama adalah melemahnya otot tubuh. Sebab gerakan seperti berdiri, berjalan, atau sekadar menggerakkan anggota tubuh sebenarnya adalah cara untuk mengencangkan otot.

Sementara jika setiap hari duduk dalam waktu lama dan kurang bergerak, maka otot tidak akan terpakai. Akhirnya, otot lama kelamaan akan melemah.

2. Masalah leher

Masalahleher seperti rasa nyeri juga mungkin akan sering dialami orang-orang yang sehari-harinya hanya duduk di kursi dalam waktu berjam-jam. Ditambah dengan posisi duduk yang sering salah dan tidak nyaman, sehingga menyebabkan otot leher menegang.

Duduk terlalu lama juga mengakibatkan postur tubuh menjadi tidak baik karena terjadi tekanan pada tulang belakang.

3. Risiko obesitas

Jangan salah, duduk terlalu lama di kursi juga bisa meningkatkan risiko obesitas. Sebab jarak bergerak atau aktivitas fisik yang kurang berarti menandakan tidak adanya pembakaran kalori pada tubuh. Alhasil, dapat mengakibatkan tumpukan lemak berlebih yang bisa berujung pada kelebihan berat badan.

Kemudian duduk terlalu lama juga bisa menurunkan produksi lipoprotein lipase, yaitu enzim yang bertugas mengolah lemak, sehingga jika dibiarkan akan menyebabkan penumpukan lemak.

4. Masalah pada kaki

Selain leher, akibat duduk terlalu lama juga meliputi masalah pada kaki. Sebab posisi duduk yang lama bisa menghambat sirkulasi darah pada kaki. Akibatnya darah terkumpul di pergelangan kaki, sehingga lama kelamaan memicu masalah seperti bengkak.

5. Sakit punggung

Saat duduk, punggung menjadi salah satu tumpuan yang paling memiliki beban berat. Dengan duduk terlalu lama, kamu berarti memberikan tekanan yang sangat berat bagi tulang belakang dan otot punggung. Jika dilakukan terus menerus, hal ini bisa berakibat pada masalah di bagian punggung.

Salah satu caranya adalah dengan menggunakan kursi ergonomis untuk menjaga postur tubuhmu tetap ideal dan nyaman.

6. Osteoporosis

Akibat duduk terlalu lama berikutnya adalah risiko osteoporosis. Orang yang jarak bergerak, berolahraga, dan menghabiskan waktunya dengan duduk berisiko terkena osteoporosis atau penurunan kepadatan tulang.

7. Deep vein thrombosis (DVT)

Deep vein thrombosis atau trombosis vena dalam merupakan kondisi darah yang menggumpal di dalam pembuluh darah vena bagian dalam atau biasanya terjadi di area tungkai. Duduk terlalu lama bisa meningkatkan risiko terkena penyakit ini.

Cara Mencegah Kebiasaan Duduk Terlalu Lama

Sebenarnya ada banyak cara mencegah akibat dari kebiasaan duduk terlalu lama. Pada intinya, kamu harus rutin bergerak secara berkala, saat fokus bekerja sekalipun. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan:

  • Ambil posisi berdiri dan meregangkan badan di dekat meja kerja.
  • Pergi ke toilet, kantin, atau sekadar jalan-jalan di area kantor.
  • Mulai obrolan dengan rekan kerja untuk sekadar bercanda atau membahas pekerjaan.
  • Jika memungkinkan, ada baiknya gunakan tangga daripada lift.
  • Supaya mudah melakukannya, atur pengingat di ponsel kamu setiap 30 menit atau 1 jam sekali untuk melakukan peregangan badan.
  • Atur juga pengingat di ponsel untuk minum air putih setiap 1-2 jam sekali agar kebutuhan cairan harianmu selalu terpenuhi, sehingga suplai oksigen ke otak selalu terjaga.
jadwal minum air putih yang baik
Photo by SuperO2 on Instagram

Selalu Bawa SuperO2 ke Meja Kerjamu

Salah satu cara agar tubuh selalu fit sepanjang hari adalah dengan memenuhi kebutuhan cairan harian, yaitu minum air putih yang cukup. Dengan minum air putih, kamu juga memberikan suplai oksigen ke otak. Alhasil, otak bisa bekerja lebih optimal dan tubuh bugar sepanjang hari.

Solusinya adalah selalu sediakan SuperO2 di meja kerjamu. SuperO2 adalah air minum beroksigen yang diproses secara higienis tanpa efek samping. SuperO2 mengandung 20 ppm oksigen berkualitas atau 5X lebih banyak dari air minum biasa yang mampu membuat tubuhmu fit setiap hari.

Sumber

SuperO2 – Postingan Terkait

SuperO2 vs Air Minum Biasa: Kenapa Harus Beralih ke SuperO2?

SuperO2 vs Air Minum Biasa: Kenapa Harus Beralih ke SuperO2?

Seperti yang kita tahu, air adalah komponen utama tubuh manusia dan penting bagi kita untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Tapi tahu nggak, ada yang lebih memberikan manfaat lho dari sekedar air minum biasa! Yak, dibandingkan air minum biasa, air beroksigen...