SuperO2 News

5 Manfaat Pola Makan Seimbang untuk Tubuh, Bisa Bikin Tidur Lebih Nyenyak Juga Lho!

by | Jul 9, 2024

Home 9 Berita 9 5 Manfaat Pola Makan Seimbang untuk Tubuh, Bisa Bikin Tidur Lebih Nyenyak Juga Lho!

Menjalani hidup memang perlu keseimbangan, termasuk keseimbangan dalam pola makan yang kita konsumsi sehari-hari.

Nggak cuma bikin sehat, pola makan yang seimbang bisa membuat kita tercegah dari berbagai penyakit.

Selain itu, bisa juga untuk menjaga berat badan ideal, memberikan energi tubuh, meningkatkan fungsi otak, bahkan memperbaiki kualitas tidur kita.

Terus, apa sih yang dimaksud dengan pola makan seimbang?

Dilansir dari SnapFitness.com, pola makan seimbang berarti menyediakan proporsi yang tepat dari karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral, dan cairan.

supero2 sportivo
supero2 sportivo

Cairan terbaik yang bisa dikonsumsi tubuh dalam menjaga pola makan seimbang adalah air murni beroksigen seperti SuperO2 Sportivo.

Air murni beroksigen ini bisa menjadi oxygen booster agar tubuh kita menjadi lebih siap dan segar dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Apalagi, SuperO2 Sportivo mengandung oksigen 100 ppm atau 25 kali lebih banyak kandungan zat oksigen dibandingkan air minum biasa.

Kandungan oksigen ekstra dalam SuperO2 Sportivo diproses menggunakan Teknologi Oxybooster dari Jerman yang pertama di Indonesia, sehingga dapat membuat tubuhmu menjadi lebih sehat dan fit.

Nah, untuk tahu lebih lanjut, berikut kelebihan menjaga pola makan seimbang untuk tubuh kita:

  1. Mengontrol Berat Badan

Makan berbagai makanan padat nutrisi membantu mengurangi konsumsi makanan berkalori tinggi yang biasanya menyebabkan kenaikan berat badan, seperti makanan olahan dan camilan berlemak atau manis.

Tubuh cenderung menyimpan makanan ini sebagai lemak daripada menggunakannya sebagai energi.

Karbohidrat kompleks seperti biji-bijian, oat, sayuran, buah-buahan, dan kacang-kacangan yang memiliki indeks glikemik rendah, membantu menjaga tubuh kenyang lebih lama.

Karbohidrat kompleks ini melepaskan energi secara bertahap sehingga dapat mencegah keinginan untuk ngemil makanan manis.

Ditambah dengan protein tanpa lemak seperti ayam, ikan, dan telur, metabolisme menjadi tetap tinggi serta membatasi rasa lapar dalam waktu singkat.

  1. Melawan Penyakit

Pola makan seimbang membantu menghasilkan dan menjaga sel-sel kekebalan yang melawan kuman serta meningkatkan fungsi pembuluh darah.

Sistem kekebalan sangat bergantung pada aliran darah yang baik, sehingga fungsi pembuluh darah yang baik membantu menyediakan sel-sel penangkal penyakit ke area yang membutuhkan dengan cepat.

Kekurangan nutrisi tertentu, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, seng, dan zat besi, dapat mengganggu fungsi kekebalan tubuh.

Pola makan yang kaya buah dan sayuran meningkatkan produksi sel darah putih yang melawan infeksi dan mencegah bakteri serta infeksi menempel pada sel-sel tubuh.

Pola makan seimbang juga mengurangi risiko penyakit jantung.

Vitamin C meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan tekanan darah, dimana itu merupakan dua faktor penting untuk kesehatan jantung

Vitamin C juga mencegah lemak menjadi plak di arteri.

Asam lemak esensial melindungi tubuh dari kerusakan akibat infeksi.

Pola makan seimbang bisa membatasi lemak tubuh berlebih yang dapat memberikan tekanan ekstra pada sistem kardiovaskular.

  1. Menambah Energi

Makanan yang kita makan mempengaruhi energi kita sepanjang hari.

Makanan padat nutrisi dicerna lebih lambat dan melepaskan energi secara bertahap, sehingga kita merasa kenyang lebih lama dan memiliki energi yang stabil.

Sebaliknya, makanan yang mudah dicerna seperti karbohidrat manis dan sederhana, menyebabkan rasa lapar lebih cepat dan lonjakan serta penurunan energi.

Makan dengan baik menjaga tingkat energi stabil sepanjang hari.

Protein memberikan rasa kenyang lebih lama dibandingkan makanan olahan atau karbohidrat sederhana.

Konsumsi protein setiap 3-4 jam dapat mencegah ngemil yang tidak perlu.

Pastikan juga untuk meningkatkan lemak sehat yang digunakan tubuh untuk energi lebih efisien dibandingkan lemak jenuh dan trans.

Lemak tidak sehat bisa membuat kita merasa lesu karena tubuh berjuang memecahnya dan menyerap produk sampingannya yang berbahaya.

Makanan kaya zat besi seperti sayuran berdaun gelap juga membantu memberikan energi karena zat besi mengantarkan oksigen ke otot dan otak yang bekerja.

  1. Tidur Lebih Nyenyak

Tidur adalah kebutuhan utama tubuh.

Tidur memungkinkan otot pulih dari aktivitas serta meremajakan otak untuk berfungsi optimal keesokan harinya.

Tanpa tidur yang cukup, kita merasa lesu, tidak semangat, kurang fokus dan konsentrasi, serta keinginan maka-makanan yang kurang sehat meningkat.

Kebiasaan makan yang buruk menyebabkan masalah pencernaan akibat racun yang dilepaskan ke dalam darah.

Asam lambung tinggi juga bisa menambah tekanan pada sistem pencernaan sehingga mempersulit tidur nyenyak.

Penting untuk tidak makan berlebihan di malam hari.

Mengatur pola makan agar tidak lapar di malam hari membantu tubuh bersiap untuk tidur.

  1. Meningkatkan Fungsi Otak

Otak adalah organ terpenting kita.

Menjaganya tetap sehat dan berfungsi optimal bisa dilakukan dengan pola makan yang baik.

Asam lemak Omega-3 dalam makanan seperti salmon, alpukat, dan kiwi dapat meningkatkan memori, kemampuan belajar, serta melawan gangguan mental seperti depresi dan demensia.

Omega-3 mendukung plastisitas sinaptik yang penting untuk memori dan pembelajaran.

Pastikan asam lemak ini menjadi bagian penting dari diet kita untuk otak yang jernih dan berfungsi optimal.

SuperO2 – Postingan Terkait

SuperO2 vs Air Minum Biasa: Kenapa Harus Beralih ke SuperO2?

SuperO2 vs Air Minum Biasa: Kenapa Harus Beralih ke SuperO2?

Seperti yang kita tahu, air adalah komponen utama tubuh manusia dan penting bagi kita untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Tapi tahu nggak, ada yang lebih memberikan manfaat lho dari sekedar air minum biasa! Yak, dibandingkan air minum biasa, air beroksigen...